September 13, 2018

Komunikasi Produktif Day #8 : Refleksi Pengalaman

Siang ini, Zayd mengajakku ke luar rumah dan memaksa masuk ke dalam mobil. Awalnya aku sempat ogah, tapi setelah dipikir-pikir daripada larinya ke gadget terus, yasudah aku putuskan untuk membuka pintu mobil dan membiarkan Zayd main di dalam mobil tersebut. Pssst, tentu saja Zayd tidak sendiri, butuh pengawasanku.

Lompat sana-sini, eksplor sana-sini, pencet tombol ini itu di kemudi setir, ternyata membuat Zayd happy banget. Llau tiba-tiba, terciumlah aroma wangi "khas" di dalam mobil tersebut. Segera aku periksa dan yaaa.. there you go! Pantesan,  itulah kenapa dia lama banget main di row belakang di dalam mobil.

Gak tahan dengan "aroma" nya dan melihat Zayd sudah risih dengan kondisi tersebut, aku ajak Zayd keluar mobil dan membersihkannya di kamar mandi. Dibujuk-bujuk tapi Zayd tetap masih mau main di dalam mobil.

---

"Zayd, yuk bersihkan dulu yu nak, nanti gatel loh"

Kalimat tersebut aku ulang berkali kali, tapi sepertinya gak berhasil bikin Zayd mau keluar mobil.

Oiya! jadi ingat salah satu poin Komunikasi Produktif untuk anak yang aku pelajari : Gantilah Nasihat sebagai Refleksi Pengalaman. Ya walaupun aku tahu mungkin tidak 100% akan berhasil, apalagi mengingat Zayd masih 2 tahun. Tapi ga ada salahnya untuk dicoba kan?

"Zayd, Ibu tahu Zayd ga nyaman, yuk keluar dulu yu nak!"

Tapi hasilnya Zero 😅 ndak apa, mungkin kita bisa coba lagi dengan kalimat yang lain.

Ibu   : "Zayd! Zayd lagi p**p ya? Ibu tahu rasanya gak enak lama-lama diapersnya penuh. Apalagi ada p**pnya. Rasanya gatal kan, bang?"
Zayd : (tetap sibuk pencect-pencet steering wheel )
Ibu   : "Ayo dibersihkan dulu yuk p**p nya, biar nanti kalau sudah bersih, kalau Zayd mau kita main ke dalam mobil lagi, oke?"
Zayd : (masih sibuk)
Ibu    : " Yuk sayang, gendong Ibu?"

Zayd langsung memelukku dan aku menyambutnya dengan sigap dan semangat. Kami keluar mobil tanpa ada drama tangisan hehehe. Alhamdulillah.. tabarakallah

Jadi, berhasil gak ya kira-kira penerapan poin Komunikasi Produktif kali ini?


#Hari8
#GameLevel1
#Tantangan10Hari
#KomunikasiProduktif
#KuliahBundaSayang
#InstitutIbuProfesional





No comments:

Post a Comment

Thank you for your visit and comment!