November 30, 2016

Flu

puput utami flu

As I mentioned before in the instagram, beberapa hari yang lalu tanpa aling aling aku terkena flu di kantor. Hal pertama yang aku inget langsung adalah anakku, yang berarti kalo aku flu jangan sampai nular dia.

Hari itu aku langsung tambah porsi minum air putih lebih banyak dari biasanya. Tujuannya, ya agar flunya cepet sembuh. Mau langsung minum UC 1000 tapi aku tahan dulu karena takut berpengaruh kepada ASI, walaupun sejujurnya aku belum cari tahu apakah UC 1000 ini aman untuk ibu menyusui atau tidak. Biasanya, ketika dirasa ada gejala mau flu, aku langsung minum segala hal yang berbau vit. C dan perbanyak asupan makanan (buah dan sayuran) serta air putih tanpa mikir ini itu. Tapi ketika hamil dan punya bayi, harus hati-hati. Karena secara alamiah, aku makan dan minum bukan buat aku sendiri lagi saat ini.

Walaupun flu, aku tetap menyusui. Karena menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia Flu dan beberapa penyakit yang lainnya (bisa dibaca di tautan tersebut) tidak menular lewat air susu ibu. Ini nih, yang harus dihighlite, karena masih banyak orang yang gak tau kalau flu itu gak menular lewat asi dan ujug-ujug cari "alternatif" sementara untuk bayinya di saat ibunya flu dan gak boleh menyusui. Akhirnya, pulang kantor aku mampir ke apotek untuk beli "alat perang" agar anakku gak ketularan flu  saat aku deket-deket dia.

Sedih banget waktu sampai rumah dan ngelihat bayi udah tidur tapi gak bisa cium karena flu. As usual gak lama setelah aku sampai rumah, Zayd merengek bangun minta nenen dan langsung lah aku tanpa ragu dan positive thinking memberikan liquid gold secara langsung.

sehari, dua hari, flu udah mulai reda alhamdulillah, eh tiba-tiba anakku bersin dan... keluar ing*s donggg *nangis*. Anakku ketularaaan! Ini sedihnyaa astaghfirullah. Bersalah banget rasanya bikin bayi kita jadi ikutan flu. Bukan apa-apa, gak tega waktu hidungnya ada ing*snya dan dia nangis karena hidungnya mampet. 

Karena aku gak mau anakku sampai bener-bener ketularan, dibuatlah campuran biji pala (yang dihaluskan) dicampur dengan minyak telon dan diusapkan di kening Zayd saat Zayd bobo. Alhamdulillah kondisi sekarang Zayd sudah membaik, udah senyum-senyum seperti biasa. huhuhu anakkuuuu.

***
Setelah curhat di instagram soal flu ini, alhamdulillah ga nyangka dapet respon dari ibu-ibu yang juga punya bayi dan sharing pengalamannya ngatasin flu. Aku tuliskan di sini yaa.. 

Segera minum air lemon dicampur madu dan jahe, pagi dan malam hari. Perbanyak minum air putih, asupan sayur dan buah biar gak lama-lama flunya. - bydinipuspita
Pakai young living (essential oil). Anakku juga baru 3 bulan dan insyaAllah cepat sembuh. - zhaedrous
Bayiku pas flu dikasih ramuan tradisional, bawang merah dibejek-bejek + minyak telon dan dioleskan di kening, dada dan kaki. Baunya gurih aduhai... - tiananda  
Aku waktu batuk/pilek diresepin obat cair silex sama dokter, itu aman buat busui. Buat baby coba pakai transpulmin. Dioles di dada, itu balsem anget-anget gitu. - dita_dy
Sejak aku sering jemur bayiku, badannya lebih kuat gak gampang kena flu, plus dulu aku selalu nebu sampai karena seringnya aku beli alat nebunya sendiri. Tetesin olbas di bajunya kalau dia bobo biar legaan hidungnya. Plus gosok pakai transpulmin. -ralamanda

Alhamdulillaah maksut hati curhat aja di instagram, ternyata dapat advise banyak banget dari kancah perinstagraman hihihi. Bermanfaat banget saran-sarannya buat aku dan semoga bermanfaat juga buat teman-teman yang baca yaa, baik yang punya bayi ataupun yang belum.

Salaam,
Puput Utami

5 comments:

  1. Alhamdulillah kondisi mba puput dan zayd membaik. Makasih sharing infonya :)

    ReplyDelete
  2. Biasanya aku pake olbas ditetesin ke saputangan simpen di deket bayi biar nafasnya legaan, trus air panas tetesin esential oil simpen di bawah ac biar ruangan kamar penuh uap dan bikin nafas lega, sehat2 terus ya Ibu & Zayd :)

    ReplyDelete
  3. Tular menular flu di kantorku juga ga ada abisnya ini, muter terus, duh duh. Semoga sehat selalu Put biar ga syedih lagi ;)

    ReplyDelete
  4. get well soon dan selalu beraktifitas :) rejeki lancar dan berkah :)

    ReplyDelete

Thank you for your visit and comment!