January 4, 2019

Skincare Resolution 2019


Welcome new yearrr! Ahey, alhamdulillah udah 2019. Postingan perdana di 2019 ini aku dedikasikan untuk skincare. Bukan tutorial atau suggest-suggest tentang per-beauty-an, tapi lebih tentang bagaimana aku sampe bisa ngeh kalau merawat kulit khususnya kulit wajah itu penting beb. Serta segala produk yang pernah aku coba, semacam review tapi gak detil lah ya. Aku bukan ahlinya 😭. Mari kita mulaaai. Oiya btw sebelumnya, postingan ini bisa dibilang sebagai lanjutan postingan tentang skincare beberapa bulan yang lalu! hahaha lama ya beb.. bisa dilihat di link di bawah ini postingannya.



Alhamdulillah, aku cenderung punya jenis kulit normal to oily tapi ga macem-macem. Ya, jerawat ada sesekali muncul, tapi dengan banyaknya ilmu perskincare-an di dunia maya dan dunia nyata, jadi tau harus gimana menangani jerawat untuk jenis kulitku. 

Dari dulu waktu masih sekolah entah itu jaman SMP atau SMA, aku sering ngeliat kakak kelas atau teman satu angkatan yang bawa facial foam saat berwudhu. Aku ngeliatnya mereka kayak cari masalah dengan kulit wajah mereka sendiri. Karena toh kulit mereka ga gimana-gimana setelah ribet cuci muka. Yang ada malah cenderung jerawatan. Aku berstatement seperti itu bukan gak beralasan. Saat masa ABG dimana sering lihat iklan di TV tentang anak ABG cuci muka pakai segala produk facial foam, aku jadi terpengaruh untuk mencoba facial foam tersebut. Mikirnya saat itu pakai facial foam adalah 'tanda' kalau aku udah bukan anak kecil lagi. Udah gede, man! Dilalah setelah dipakai, bukannya jadi cantik seperti model iklan produk tersebut, malah jerawatan. krayyy 😓 Makanya dari situ kayak kapok mau coba-cobain produk perawatan kulit wajah. 

Masuk jaman kuliah, mamaku wanti-wanti untuk ngerawat kulit, khususnya kulit wajah. Kenapa wajah? yang keliatan kan wajah, yang terpapar sinar UV ya wajah, yang kena debu ya wajah, pokoknya rentan banget deh. Balik lagi, waktu itu aku aku engga ngerasa gimana-gimana sama kulitku. Jadi ya.. saran-saran mama jadi gak begitu ku perhatikan. Sampai akhirnya aku ngeliat muka mamaku berasa enak banget, kayak empuk, seger, dan cerahh. Dari situ aku tanya mamaku pakai apa dan aku ngikutin ritual skincare dari mamaku.

Bener aja, kalau ngeliat muka ku awal-awal kuliah, beuhhh kusem, kayak abis main layangan. Padahal aku termasuk yang jarang berkegiatan outdoor gitu. Sedih? iya banget! nyesel? ga juga, untungnya nurut orang tua! hahaha

Setelah beranjak dewasa dan skincare lagi happening di internet nih, aku jadi nyaru yang namanya skincare dan make up itu sama atau engga. Yang bikin kulit wajah kinclong itu skincare atau make up? setelah research ternyata yang bahaya itu make up ya khaan. Cakep sih, tapi cuma beberapa jam. Abis itu kalau gak segera dibersihin, siap siap kedatangan meteor garden di muka kita. Jadi, aku menimalisir yang namanya make up. 

Long story short, akhirnya aku nyobain skincare produk L'oreal. Dari night and day cream, serum, tapi untuk facial wash aku pakai sari ayu, itu juga dapet hampers hahaha. Selama cocok sih buatku gak masalah. Tapi, yang namanya manusia yak, ada aja maunya. Kok kayaknya pake L'oreal ini gak kekinian dehh.. Jadinya cari-cari yang lain tapi syiok liat harga skincare di salah satu situs beauty webstore kenapa mahal-mahal banget yaaa! (Gak nyangka se pricey itu menurutku waktu itu). Tapi penasaran, yaudah deh dibeli dan dicoba. Rasanyaaa... biasa aja juga haha. Akhirnya balik lagi ke L'oreal lah, soalnya pas juga menurutku dari segi apapun 😆.

Baru, pas ketahuan hamil dan ngeh kalau ada beberapa kandungan yang ga bisa dipakai ibu hamil, aku nanya sama obgyn ku waktu itu. Kira-kira skincare apa yang aman untuk ibu hamil. Beliau jawabnya dua produk: SKII (waktu itu happening banget) dan The Body Shop (TBS). Oke, karena aku pernah nyoba TBS dan rasanya agak panas gitu di kulitku, aku langsung cari SKII aja. Begitu liat harga FTE nya, lalu berpikir "Hmm.. bisa aja nih dokter ngasi saran nya" 😳😂. Karena yaudah males juga cari yang lain-lain akhirnya selama hamil aku pakai SKII. Jangan sedih sis, eike cari yang paketan aja biar lebih murah hahaha.

Setelah lahiran, jadi pengen cari skincare yang alami. Kebetulan waktu itu juga lagi sering banget baca reviewnya Elizabeth Zennifer kalau temen-temen tau. Dan memang dia gak mengklaim kalau kulit mukanya kinclong clong clong, tapi dia berasa kulitnya sekarang "bener" dari pada sebelum-sebelumnya. Ditelisik, doi pakai toner dari cuka apel atau apple vinegar. LANGSUNG beberapa hari kemudian beli dong. Begitu paketnya sampai rumah, mamaku nanya cuka apel buat apa. Waktu aku jelasin ke mamaku, beliau bilang "yah nak, gak usah macem-macem..mama dulu pernah juga nyobain, tapi jadinya jerawatan loh". JRENGG! mengapa aku gak konsultasi dulu sama mamake waktu soal cuka apel ini sebelum beli yahh? Tapi karena tetep penasaran, jadi yaudah dicoba dengan takaran yang disesuaikan dengan jenis kulitku. Sehari-dua hari-tiga hari, mukaku jadi kayak kilang minyak.. gak enak banget. Entah akunya yang salah atau gimana, yang jelas cuka apel ini gak cocok sama aku. tobat deh pake yang alami.

Dari situ, aku coba skincare yang normal-normal aja. Masih tetep pake FTE SKII, tapi dikombinasi dengan produk skincare yang lain. Seperti Wardah, Nuxe, Pixi, Banila.co, Cetaphile, St Yves, dan sebagainya. Produk-produk tersebut juga yang gampang ditemukan di drugstore seperti Watson. Dan sampe ini masih basic banget pake skincare nyaaa. Alesannya karena belum sempet nyari-nyari lagi di beauty store, juga stock nya masih ada hehehe. Jadi nyarinya sebatas liat review di YouTube

And these are some products that I use recently :

Cleansing


  1. Untuk first cleanser aku lagi pakai TBS yang balm - Camomile. First impression pakai cleanser yang banyak difavoritin sama beauty blogger ini memang menyegarkan banget dan gampang banget ngilangin make up yang susah hilang seperti maskara atau eyeliner, bahkan foundation yang agak tebal juga gampang banget hilangnya. Berasa cakep abis pakai TBS ini hahah
  2. Untuk Second Cleanser aku pakai Hadalabo Ultimate Moisturizing Face Wash. Face wash ini gak terlalu berbusa, pakai dikit aja udah nampol dan udahannya kulit wajah jadi moist. enakk. Product in waiting untuk second cleanser ini adalah Senka Perfect Whip. Sebelas dua belas sama Hadalabo ini.
Toner

  1. Exfoliate toner aku pakai Corsrx DHA/BHA Clarifying Toner. Alasannya? gak ada.. penasaran aja karena jadi favoritnya beauty blogger hahaha. Terus di Hong Kong ini ada satu tempat Corsrx nya khusus dan lengkap, jadi penasaran dan kebetulan exfoliate toner nya udah habis. Beli dehh.. so far so good dan ga ada masalah di wajah aku. Product in waiting : PIXI Glow Tonic. Sebelumnya udah pake dan ngerasa cocok sama produk ini. Tapi sekarang nunggu si Corsrx nya abis duyuu hehe
  2. Hydrating Toner aku pakai Hatomugi Skin Conditioner. Sukaa sama produk ini selain harganya affordable dan sizenya besar (HAHAHA) juga emang dimuka bikin segerrrr. Terus, ga sayang gitu loh kalo mau dipake buat CSM-an. Kalau pakai FTE SKII kan nangis yaa kalau dipake buat CSM walaupun usaha tidak mengkhianati hasil hiks. Biasanya, Hatomugi ini aku layer lagi dengan Wardah Pure Treatment Essence. Makin empukk rasanyah kulit muka akuh masyaAllah. 
Moisturizer
  1. Masih pakai Corsrx - Oil Free Ultra Moisturizing Lotion. Wanginya kayak obat (suamiku suka protes 😅) dan ada aroma soda (?!) nya. Selain itu butuh beberapa menit biar menyerap di kulit wajahku. Overall oke, karena tiap bangun tidur malam tetep ngerasa nyaman sama kulit wajah.
  2. Kalau siang, aku timpa lagi dengan Corsrx Aloe Soothing Sun Cream yang ada SPF nya. Jadi gak perlu pakai sunscreen lagi karena si moisturizer ini udah ada SPF nya. Tapi kalau mau ditimpa sunscreen lagi ya gak apa hehe.
Serum/Vitamin
  • Lagi jarang nih pake serum atau vitamin. Tapi belakangan aku pakai Vit. C dari Wardah. 
Masker
  • Corsrx Overnight Honey Mask. Dipakai nya gantian sama si Mositurizing Lotionnya. Dibawa tidur, besok paginya dibilas deh.

Nah itulahh produk-produk yang aku pakai saat ini. Ini belom sekomplit para suhu beauty influencer yaak. Belom komplit aja udah diprotes lama banget "dandan"nya sama suami, apalagi pake komplit hahahah. Tapi 2019 ini pengen bisa lebih rutin deh pakai skincare. Gak cuma skincare aja, tapi makanan juga harus dijaga. Makan makanan yang lebih sehattt. 


Love,
Puput.



1 comment:

Thank you for your visit and comment!