February 19, 2015

PLAYLIST: Tulus - Jangan Cintai Aku Apa Adanya

Beberapa tahun yang lalu, aku pernah share tentang salah satu video clipnya Tulus yang berjudul Teman Hidup di blog ini. Hal yang bikin terpesona dengan video klip Teman Hidup tersebut adalah kesederhanaan ide cerita yang tetap tersirat banyak makna. Keren nya, kesederhanaan cerita dari video clip tersebut bahkan bisa terasa begitu ngena di hati para penikmat musik Tulus ini. Bahkan, aku sempet yang terharu gitu nontonnya *maklum, baper pemirsa haha*

Kalau diperhatikan selama ini citra yang ditampilkan oleh Tulus, baik dari sisi kepribadian, taste fashion, photography, komposisi musik, lirik lagu dan sebagainya, secara keseluruhan memang mengusung apa yang disebut dengan kesederhanaan itu sendiri. Karya-karya nya terlihat begitu simpel dan minimalis namun hasilnya tetap maksimal. Dari ciri khas Tulus yang seperti itulah gak usah heran kalau selama perjalanan karir nya di dunia musik, popularitas Tulus semakin meningkat. Setiap Tulus menggelar konser, dengan mudahnya tiket-tiket konser tersebut ludes habis terjual. Whoww.

Kemarin, 18 Feb setelah digadang-gadangkan dari jauh-jauh hari, akhirnya video clip yang terbaru dari Tulus - Jangan Cintai Aku Apa Adanya release juga. Kayaknya agak ngaret dari jadwal. Seharusnya publish jam 4 sore tapi jam 4.30 sore belum dipublish juga video clip itu.

Well, pertama kali denger teaser lagu ini, yang bikin aku suka adalah liriknya yang ear catching banget. Kenapa? kalau dipikir-pikir.. ya ada bener nya juga judulnya, kalau mencintai pasangan apa adanya, si pasangannya jadi kurang terpacu untuk menjadi lebih baik atau "kurang termotivasi", karena yaaa... terima apa adanya. Karena terkadang, manusia itu harus dipacu atau at least harus  ada motivasi agar hidupnya gak jalan ditempat dan mau mengembangkan diri menjadi lebih baik.

"Jangan cintai aku.. apa adanya.. jangan"
"Tuntutlah sesuatu.. agar kita jalan ke depan" 

Namun setelah beberapa kali browsing, ternyata ada juga yang ga setuju dengan statement Tulus dalam lagu ini. Malah ada yang menganggap lagu ini arogan hehehe. Kayaknya sih karena statement Jangan Cintai Aku Apadanya ini bertentangan dengan statement sebelumnya, yaitu "cintai aku apa adanya.." which is menurutku statement tersebut cenderung pasif. Maksudnya, meminta agar orang lain menerima dirinya apa adanya, tanpa ada usaha apapun untuk menjadi manusia yang lebih baik. Jadi, seperti mau diperhatikan tapi belum tentu dia akan memerhatikan orang lain. Logikanya, kalau si A&B berpasangan kemudian si A lalai solat, B menerima apa adanya keadaaan si A itu dengan pasrah. Yeah, begitulah kesan yang aku tangkap.

Berbeda dengan judul lagu baru Tulus ini yang menurutku cenderung lebih aktif. Jadi, lebih mengajak partnernya untuk maju, meminta partnernya agar dia ditantang untuk melakukan sesuatu. Lebih aktif, bukan? Kalau dalam tata bahasa, disebutnya resiprok.. hubungan timbal balik. Jadi kedua belah pihak sama-sama aktif dalam menyongsong membina masa depan yang lebih baik. Is it?

Hm.. sebenarnya kedua statement tersebut sama-sama ada benarnya. Tinggal tergantung bagaimana kita melihat dan menyikapinya. Pada intinya pasangan itu harus saling memberikan energi positif, mengerti, memahami, memotivasi satu sama lain, ya kan? ya gak? 

Nah daripada lama-lama jadi curhat dan sotoy (hehehe), mendingan liat video klipnya berikut ini yaaa.. mengharukan, ngena dan romantis.  Oh ya! Kalau kamu punya interpretasi lain tentang lagu ini, let me know. Tinggalkan jejak di kolom komentar di bawah yaa :D





Simplicity is more.. Keep up the good work, Tulus!

TWITTER | FACEBOOK | INSTAGRAM

21 comments:

  1. Suka sama video clipnya. Btw lagu ini lagu pertama yang nangkep perhatian gw selain lagu mainstream yang diputer di radio lainnya pas dengerin albumnya. Sukak banget deh ama lagunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, pertama denger di radio juga ear catching yaak!

      Delete
  2. Kak Puput ini emang Teman Tulus banget ya, hehehe. Jadi inget dulu kakak pernahpost outfit sama tas yang ada tulisan "Tulus"-nya. Aku suka juga sama lagu teman hidup, tapi malah belum sempat nonton vidclip-nya, hihi.

    Feel free buat mampir ke blog aku ya, kak! :")

    http://putrinisrina.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, gak teman tulus banget juga sih sebenernya, cuma penikmat hasil karya nya aja hehe. sure, i would love to visit yours :)

      Delete
  3. Saya nangkepnya juga gitu, Mbak: Jangan cintai aku apa adanya, maksudnya ajak dan tuntutlah aku agar menjaid baik, jangan biarkan aku menjadi orang yang kau terima begitu saja jika salah. Sedangkan kalo terima aku apa adanya, itu berarti jangan tuntut aku berdasarkan keadaanku sekarang. aku bisa menjadi lebih baik kok. Sejatinya sih, kedua istilah itu berdasarkan pemikiran yang sama.

    ReplyDelete
  4. Kaaaa pupuutt syg, dulu echa kenal tulus gara2 baca blog ka puput soal teman hidup dan smpe skrg jd teman tulus heheheh. Setujuh kaa,lirikny sbnrnya bagus krn blg yuk kita jalan sama2 buat jd baik menurut echa begitu sih😘😘😘

    ReplyDelete
  5. Video klipnya sukses bikin mewek sampe pilek T_T
    Dua kali nonton, dua kali nangis. Entahlah... terharu banget deh... sederhana tapi ngena ya puuut

    ReplyDelete
  6. Ampuun video klipnya bikin mata basyaaahhh!!! bagus!!!

    ReplyDelete
  7. Aku donk punya 2 CDnya Tulus.. *sombong

    Kapan ya diundang nonton konsernya sama brand mekup sebelaaah.. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama dund. HAHAHAHAHA bolejugaaa.. info info ya bundo kalo diundang :p

      Delete
  8. Wah ngga nyangka videonya se-menyentuh ini. Sering denger lagunya di playlist tmn tapi baru sekali ini lihat videonya, kayaknya kalau orang yang saling mencintai saling berusaha menjadi lebih baik bagi satu sama lain sih ya *sotoy* :p

    ReplyDelete
  9. waahh kayaknya semuanya ngerasa sama ya, lagu yang langsung ear catching dan video clip yang langsung bikin nyesek :)

    ReplyDelete
  10. Aku juga suka banget ama video klip ini.. Shot=shotnya indah dan interpretasinya lumayan bagus :)

    ReplyDelete
  11. aku cuma tau dua video klip Tulus.. tapi dua-duanya haru.. bikin pengen nangis sendiri..

    ReplyDelete
  12. Ah.. Aku pun sukak lagunya, Mbak Puuuut.. :D

    ReplyDelete
  13. jadi busui banyak anceman bapernya ya mbak kayaknya :D
    ah tapi ga busui aja sih

    ReplyDelete

Thank you for your visit and comment!